Pasar, Jenis-Jenis Pasar, E-commerce, Dan Kewiraswastaan
PENGERTIAN PASAR
Pasar
adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial
dan infrastruktur tempat usaha menjual barang, jasa, dan tenaga kerja untuk
orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat
pembayaran yang sah seperti uang fiat.
PENGERTIAN PASAR KONSUMEN, PASAR INDUSTRI, PASAR RESELLER, DAN PASAR INTERNASIONAL
PENGERTIAN PASAR KONSUMEN, PASAR INDUSTRI, PASAR RESELLER, DAN PASAR INTERNASIONAL
1. Pasar Konsumen
Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk di konsumsikan, bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut. Yang termasuk kelompok ini adalah pembeli individual/pembeli rumah tangga ( non bisnis ).
2. Pasar Industri
Pasar produsen juga disebut pasar industri atau pasar bisnis adalah suatu pasar yang terdiri atas individu – individu, lembaga, atau organisasi yang membeli barang – barang untuk diproses lagi samapi menjadi produk akhir yang kemudian dijual atau di sewakan.
3. Pasar Reseller
Pasar reseller adalah suatu pasar yang terdiri dari individu
dan organisasi yang memperoleh atau membeli barang dengan maksud untuk dijual
lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba.
4. Pasar Internasional
Pasar internasional adalah pasar yang membeli dan menjual
produk dari beberapa negara atau pasar yang daerah pemasarannya mencakup
kawasan/wilayah internasional.
MEREK,
SIMBOL MEREK, DAN TANDA MEREK
- Merek
Merek adalah suatu nama, simbol, tanda, desain atau
gabungan di antaranya untuk dipakai sebagai identitas suatu perorangan,
organisasi atau perusahaan pada barang dan jasa yang
dimiliki untuk membedakan dengan produk jasa lainnya.
- Simbol Merek
a. TM Simbol ™ Kepanjangan : Trade
mark. TM merupakan simbol yang menandakan bahwa kata kata atau simbol
lainnya adalah merek dagang dari produk tersebut.
b. R Simbol ® Kepanjangan : Registered Merk.
Yang artinya adalah merek tersebut telah terdaftar dengan ditandai adanya
dengan terbitnya sertifikat merek.
c. C Simbol © Kepanjangan Copyright.
Merupakan logo yang digunakan dalam ruang lingkup cipta yang menandakan bahwa
logo tersebut adalah original.
d. SM Simbol ℠ Kepanjangan : Service Mark.
Memiliki makna hampir sama dengan trademark namun lebih spesifik pada merek
bidang bisnis jasa.
- Tanda Merek
4 MANFAAT MEREK
- Merk dapat membantu anda membangun citra perusahaan dan kepentingan promosi produk Anda.
- Memiliki otoritas menentukan harga dan mengurangi perbanding harga untuk produk sejenis
- Mendapatkan perlindungan ciri khas produk (Perlindungan trademark)
- Menimbulkan loyalitas pembeli
MAKNA E-COMMERCE
& TANTANGANNYA BAGI PERKEMBANGAN WIRAUSAHA DI INDONESIA
E-Commerce adalah suatu jenis dari
mekanisme bisnis secara elektronik yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis
berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai media pertukaran barang
atau jasa baik antara dua buah institusi (business to business)dan konsumen
langsung (business to consumer), melewati kendala ruang dan waktu yang selama
ini merupakan hal-hal yang dominan.
1. Alat Pembayaran Bukan Dari Rekening Bank
Sejauh ini, alat pembayaran dalam setiap transaksi e-commerce masih menjadi masalah yang menjadi hambatan besar dalam perkembangan bisnis e-commerce. Ini dikarenakan kebanyakan sarana yang disediakan dari e-commerce mewajibkan konsumen untuk memiliki rekening bank, kartu kredit, ATM, mobile banking atau yang lainnya.Masalahnya terletak pada kondisi masyarakat di Indonesia sendiri secara keseluruhan. Masih banyak warga masyarakat di Indonesia belum mempunyai rekening bank. Nah, ke depan akan lebih baik jika disediakan lebih banyak pilihan metode pembayaran untuk melakukan transaksi belanja secara online.
2. Koneksi Internet yang Lambat
Tantangan selanjutnya yang harus segera mendapatkan solusi adalah koneksi internet yang lambat. Sudah jamak diketahui bersama bahwa internet di Indonesia ini terbilang sangat lambat jika dibanding dengan negara lain. Selain cukup lambat, biaya untuk mendapatkan jaringan juga sangat mahal sekali. Ketersediaan koneksi internet jelas mutlak diperlukan untuk mendukung perkembangan bisnis ecommerce di Indonesia.Terutama untuk pemerataan di daerah-daerah yang selama ini tidak memiliki jaringan internet. Jika keadaan ini bisa segera diperbaiki, tentu saja perkembangan bisnis e-commerce di tanah air akan semakin cepat dalam perkembangannya, dan pemerataan pertumbuhan ekonomi tentunya juga akan bisa tercapai.
“Ketersediaan internet diperlukan agar mendukung pemerataan bisnis e-commerce di seluruh Indonesia,” tutup Marine Novita, Tim Humas idEA sekaligus General Marketing Property OLX Indonesia.
3. Standarisasi Logistik Pengiriman Dalam Bisnis Ecommerce
Selain pada metode dalam melakukan pembayaran pada setiap transaksi, tantangan besar yang lain yang mesti dihadapi adalah pada masalah logistik. Selama ini, belum ada standar logistik yang mencakup pada waktu pengiriman dan harga pengiriman barang. Kenapa harus ada standarisasi pada hal ini, seperti kita ketahui bersama bahwa banyak masalah terjadi pada hal ini.Banyak sekali konsumen dirugikan karena berbagai masalah terkait pengiriman barang dari ecommerce Indonesia. Seperti keterlambatan pengiriman, barang yang dikirim mengalami kerusakan bahkan sampai ada barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan. Nah, keadaan seperti ini seharusnya tidak boleh terjadi lagi untuk ke depannya.
UNSUR-UNSUR
WIRASWASTA
1. Unsur Kewaspadaan
Seperti
yang dijelaskan diatas bahwa wiraswasta harus menanggung segala risiko sebab
rentan terhadap kegagalan. Berkaitan dengan hal tersebut, seorang wiraswasta
harus memiliki kewaspadaan untuk menghadapi hal yang kemungkinan akan terjadi.
Sifat kewaspadaan ini juga bisa memunculkan ide apa yang akan dilakukan
selanjutnya.
2. Unsur Pengetahuan
Selain
kewaspadaan, tentu dalam hal ini seorang wiraswasta harus memiliki pengetahuan.
Dimana pengetahuan ini digunakan untuk mencari ide-ide terbaru, serta untuk
memikirkan hal yang akan dilakukan jika terjadi risiko.
Selain
itu, pengetahuan sendiri juga mempengaruhi tingkat penalaran dari orang
tersebut untuk mengambil keputusan. Namun, pengetahuan biasanya ditentukan oleh
tingkat pendidikan orang tersebut.
3. Unsur Keterampilan
Mengacu
dalam pengertian wiraswasta yakni suatu kemampuan untuk melihat peluang usaha,
tentu peluang usaha tersebut sesuai dengan keterampilan yang dimiliki. Sebab
keterampilan ini mempengaruhi keberhasilan yang akan dicapai.
PENGERTIAN
KEWIRASWASTAAN, PRODUSEN, KONSUMEN, DAN EKSPOR
- Kewiraswastaan
Istilah kewiraswataan
(entrepreneurship) berasal dari kata “wira” dan “swasta”. Wira berarti sesuatu
yang bersifat mulia/ luhur. Sedangkan “swasta” berarti kemampuan untuk berdiri
(sta) atas kekuatan sendiri (swas). Kewiraswastaan adalah kemampuan dan kemauan
seseorang untuk berisiko dengan menginvestasikan dan mempertaruhkan waktu,
uang, dan usaha, untuk memulai suatu perusahaan dan menjadikannya berhasil.
Melalui upaya yang dijalankaan, yang bersangkutan merencanakan dan mengharapkan
kompensasi dalam bentuk keuntungan di samping juga kepuasan.
- Produsen
Produsen adalah pihak-pihak yang
dalam kegiatannya menghasilkan output, baik itu
barang ataupun jasa, untuk dipasarkan ke konsumen dengan tujuan untuk
memperoleh keuntungan.
- Konsumen
Konsumen adalah setiap orang pemakai
barang atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri
sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk
diperdagangkan.
- Ekspor
Ekspor adalah proses transportasi
barang atau komoditas dari suatu negara ke negara lain. Proses ini seringkali
digunakan oleh perusahaan dengan skala bisnis kecil sampai menengah sebagai
strategi utama untuk bersaing di tingkat internasional.
Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar
https://arekindo.blogspot.com/2015/05/pengertian-pasar-dan-jenis-jenis-pasar.html
https://brainly.co.id/tugas/9424829
https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-merek-brand/13586
https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/hukum/pengertian-dan-perbedaan-tm-r-c-sm
https://arekindo.blogspot.com/2015/05/pengertian-pasar-dan-jenis-jenis-pasar.html
https://brainly.co.id/tugas/9424829
https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-merek-brand/13586
https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/hukum/pengertian-dan-perbedaan-tm-r-c-sm
Komentar
Posting Komentar